Rupiah dari Kertas Bekas

Posted by Artikel Menarik | 7:29 AM | | 0 comments »

Koran dan kertas bekas banyak menumpuk di rumah Anda? Tentu Anda menjadi stress dan bingung untuk memanfaatkannya. Jangan khawatir jika di rumah Anda banyak kertas dan koran bekasyang menumpuk. Anda dapat memanfaatkannya menjadi pernak-pernik yang cantik dan bernilai jual. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas, Anda dapat mengubah tumpukan kertas dan koran bekas menjadi uang.

daur-ulang-kertasKertas merupakan bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Peluang bisnis kertas daur ulang ini menarik karena dapat dilakukan oleh siapa saja dan membutuhkan modal yang kecil. Anda dapat menggunakan alat-alat yang ada di sekitar Anda. Dengan membuat "sampah" tersebut menjadi kerajinan, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang berlimpah.

Pemanfaatan sampah kertas ini dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain keeuntungan, kegiatan Anda ini termasuk satu bentuk dukungan untuk mengurangi sampah di dunia.

Nah, bagaimana dengan hitung-hitungan ekonominya? Berdasarkan pengalaman yang dilakukan oleh perajin kertas daur ulang, satu kilo kertas bekas dapat menghasilkan 600 gram kertas daur ulang. Berat rata-rata satu lembar kertas ukuran folio adalah enam gram sehingga dapat menghasilkan 100 lembar kertas daur ulang. Harga per lembar kertas daur ulang ini dibanderol Rp 500.

Kertas daur ulang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan notes, bingkai foto, kartu ucapan, souvenir dan lain-lain. Jika kertas daur ulang akan kita gunakan untuk usaha pembuatan bingkai foto sebanyak 500 buah. Maka biaya poduksi yang kita keluarkan tak lebih dari 110 ribu rupiah. Biaya tersebut dihabiskan untuk pembelian kertas karton 10 lembar, kertas daur ulang 125 lembar, lem dan bunga kering. Jika bingkai foto dijual per buahnya sebesar Rp 2.000 maka hasil penjualan mencapai Rp 1 juta. Dengan demikian keuntungan yang akan diraih lebih dari Rp 800 ribu rupiah. Cukup menjanjikan bukan?>

0 comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...